Rabu, 29 Agustus 2012

Review Jurnal

 REVIEW (ANALISIS KRITIS JURNAL
Oleh:  Robin Ginting (8126173027)

  Program Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Unimed

A.    TOPIK YANG DIBAHAS
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berbasis TIK  Untuk Memperbaiki Kualitas Pembelajaran Keanekaragaman Hayati

B.    Bibliografi Penulis   
 Herfen Suryati

C.    Jurnal   
Volume/Jilid 4 Nomor 1  : hal 1-5 September 2008

D.    Fakta-Fakta yang Terungkap
Sistem  pembelajaran  yang  baik  menurut Johnson (2002) adalah pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan  yang  dimilikinya  atau  yang  lebih  dikenal dengan  Contextual  Teaching  and  Learning  (CTL). Hal  tersebut  akan  membantu  siswa  mengembangkan diri  secara  optimal  dan  memberikan  pengalaman  belajar  yang  menyenangkan  sehingga  dapat  mengakomodasikan pengetahuannya dari pengalaman yang dimilikinya.
Proses  pembelajaran  konsep  keanekaragaman hayati  melalui  media  pembelajaran  berbasis  TIK  lebih ditujukan kepada upaya: (1) memperjelas konsep agar tidak terlalu verbalistis, (2) mengatasi hambatan ruang, waktu, dan daya indra, (3) mengatasi keterbatasan  variasi  bentuk  lingkungan  dan  organisme  yang dapat diamati, (4) mengatasi sikap pasif siswa menjadi lebih bergairah, (5) melibatkan seluruh warga belajar,  dan  (6)  mengkondisikan  munculnya  persamaan persepsi  dan  pengalaman  belajar  siswa.  Dengan  de-mikian, akan terjadi peningkatan kualitas pembelajaran,  munculnya  keterampilan  bekerja  sama  (kooperatif)  siswa  dalam  kelompok  belajarnya,  serta  adanya peningkatan hasil belajar siswa.
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan kelas  (classroom  action  research)  dengan  pelaksana kolaboratif  antara  pengamat  dengan  peneliti  sebagai pelaku  tindakan.  Langkah  penelitian  ini  bersifat  refleksi tindakan dengan pola proses pengkajian berdaur  (siklus)  yang  terdiri  atas  perencanaan,  tindakan, observasi,  dan  refleksi.  Tindakan  dilaksanakan  sebanyak 3 siklus.
Adapun  metode  yang  diterapkan dalam pembelajaran konsep keanekaragaman hayati  pada  masing-masing  siklus  secara  berturut-turut  adalah (1) metode diskusi informasi dengan peran guru lebih dominan sebagai pemberi informasi, (2) metode diskusi informasi dengan peran guru sebagai fasilitator  dan  pembelajaran  lebih  ditekankan  kepada siswa  sebagai  subyek  belajar  di  kelompoknya,  dan (3)  menggunakan  media  pembelajaran  berbasis  TIK yang  dikolaborasikan  dengan  metode  diskusi  informasi dan praktik.
Proses  pembelajaran  konsep  keanekaragaman hayati  dengan  menggunakan  media  pembelajaran berbasis  TIK  ternyata  dapat  meningkatkan  aktivitas siswa  dan  dapat  memunculkan  keterampilan  bekerja sama siswa di dalam kelompok belajarnya. Peningkatan  ini  ternyata  berdampak  pada  meningkatnya  prestasi siswa. 

E.    Fakta-Fakta yang Belum Terungkap
Penggunaan media berbasis TIK tidak dijelaskan secara mendetail, apakah berupa powerpoin, Flash, film atau lainnya.
F.    Pertanyaan Yang Muncul
Apakah  media berbasis TIK cocok untuk semua materi pelajaran? Apakah maksimal media berbasis TIK di gunakan tanpa dikolaborasikan dengan PTK?

G.    Refleksi Diri
Membaca dan memahami isi jurnal ini memberi wawasan bagi penulis untuk lebih memahami metode pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dan kita dapat  memanfaatkan media teknologi sebagai sarana dan prasarana tuk meningkatkan mutu pendidikan dan serta kualitas hasil belajar siswa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar